Ikan Cupang Crown Tail/ Comb Tail

Ikan cupang crown tail atau biasa disebut oleh masyarakat Indonesia dengan sebutan serit, merupakan ditemukan pada tahun 1997 di Slipi, Jakarta Barat. Disebut serit alasannya yaitu ikan cupang jenis ini mempunyai sirip yang bergerigi menyerupai layaknya sisir. Ikan cupang serit sesungguhnya terbagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu serit tunggal (comb tail), dan serit ganda/ serit silang (crown tail). 

Ikan Cupang Comb Tail (Serit Tunggal)

 atau biasa disebut oleh masyarakat Indonesia dengan sebutan serit Ikan Cupang Crown Tail/ Comb Tail

Disebut comb tail atau serit tunggal alasannya yaitu cupang jenis ini hanya mempunyai 1 tulang serit yang memanjang, sehingga IBC menjuluki comb tail dengan sebutan fringe finned betta. Saat ini comb tail sudah sulit ditemukan bahkan di Indonesia sekalipun.

Ikan Cupang Crown Tail (Serit Ganda/ Serit Silang)

 atau biasa disebut oleh masyarakat Indonesia dengan sebutan serit Ikan Cupang Crown Tail/ Comb Tail

Jika comb tail hanya mempunyai 1 tulang serit yang memanjang, maka crown tail mempunyai dua atau lebih tulang serit yang memanjang. Bahkan ketika ini sudah cukup banyak crown tail yang mempunyai delapan serit yang memanjang. Meskipun terkadang terlihat menyerupai sirip yang sobek, tetapi ikan cupang crown tail mempunyai daya tarik tersendiri menyerupai halnya ikan cupang jenis halfmoon.


Lihat: galeri foto crown tail


Buat lebih berguna, kongsi:
close