Penyakit Ikan Louhan Dan Cara Mengatasinya

PENYAKIT Biasa IKAN LOUHAN DAN CARA MENGATASINYA
1. Penyakit White Spot Pada Ikan Louhan
White spot atau bintik yaitu munculnya bintik putih pada sisik louhan. White spot disebabkan oleh adanya jamur. Jamur ini muncul lantaran buruknya kualitas air yang dipakai. White spot merupakan penyakit yang sulit disembuhkan. Oleh lantaran itu, sebelum louhan terkena white spot, sebaiknya kualitas air yang digunakan selalu dijaga. Pemberian garam ikan ke dalam akuarium juga membantu mencagah munculnya white spot.

Spoiler for Contoh White spot pada ikan:
2. Penyakit Mulut Bisulan Pada Ikan Louhan
Louhan yang terkena verbal bisulan ditandai dengan infeksi merah pada mulutnya. Mulut bisulan sanggup terjadi lantaran serangan Crustaceae (sejenis udang), luka infeksi akhir perkelahian, basil atau jamur, dan pakan yang tidak cocok.
Multu bisulan sanggup disembuhkan dengan cara mengisolasi louhan dalam akuarium khusus. Mulut louhan yang bisulan diberi antibiotik. Selama dalam perawatan, puasakan louhan selama 2-3 hari. Setelah itu berikan pakan yang bergizi.
3. Cacat atau Luka Pada Ikan Louhan
Cacat atau luka pada louhan sanggup terjadi lantaran adu dengan ikan lain atau lantaran kualitas air yang jelek. Oenyakit ini sanggup disembukan dengan mengisolasi louhan dalam akuarium khusus dan mengobati luka dengan memakai antibiotik. Selama dalam perawatan, louhan diberi pakan yang bergizi biar cepat sembuh.
4. Stres Pada Ikan Louhan
Jika warna badan louhan tiba-tiba memudar, timbul belang hitam, jenong kempes, dan tingkah lakunya pasif, kemungkinan besar louhan tersebut mengalami stres. Louhan sanggup mengalami stres lantaran banyak sekali hal. Misalnya penempatan akuarium yang salah, pakan yang buruk, takut terhadap musuh, atau sorot lampu dan warna baju.
Untuk mengatasi stres pada louhan sanggup dilakukan beberapa hal. Agar lou han tidak stres, akuarium diletkakan 80 cm di atas lantai, louhan diberi pakan yang sesuai, dipisahkan dari ikan lain, dan dibiasakan menghadapi banyak sekali macam keadaan biar tidak gampang kaget.
5. Kembung dan amis Mulut
Jika perut louhan membengkak dan berwarna merah, kemungkinan louhan terkena penyakit amis mulut. Penyakit ini sanggup timbul lantaran pakan yang tidak higenis. Selain menyebabkan kembung merah, pakan yang tidak higenis sanggup menyebabkan amis mulut. Penyakit amis verbal ditandai dengan bentuk bibir yang membengkak dan jontor.
Kedua penyakit tersebut sanggup disembuhkan dengan cara sumbangan obat. Caranya louhan diterapi selama 7 hari dalam air larutan obat antibiotik, antiparasit, dan antijamur. Selama masa terapi louhan tidak diberi makan (dipuasakan). Selain cara tersebut, louhan juga dapt diterapi dengan memakai air hangat dan garam ikan. Selama menjalani terapi ini louhan dipuasakn selama 3 hari.
Buat lebih berguna, kongsi:
close