Mengenal Dan Merawat Ikan Redfin

Sobat pencinta ikan hias kali ini kami akan membahas Ikan Redfin ikan asal asia tenggara yang tepatnya di temukan di sungai mekong, sungai yang menjadi perbatasan negara di asia tenggara yaitu thailand, laos dan myanmar. 
en.wikipedia.org

Masih tergolong dalam keluarga Cyprinidae ikan ini sangat aktif bergerak dan mempunyai bentuk menyerupai ikan hiu yang lingkaran memanajang. Ikan redfin mempunyai warna sirip merah/oranye sesuai namanya redfin atau sirip merah. Ikan Redfin ada yang mempunyai warna badan hitam gelap dan ada pula jenis albino yang mempunyai warna kulit kekuningan. 

Panjang ikan Redfin sanggup mencapai 13 bahkan 15cm di habitat aslinya, sedangkan dikala di pelihara di aquarium ukuran ikan ini sanggup sekitar 10cm. Suhu ideal untuk ikan ini antara 26-28 derajat celcius dengan pH air antara 6-7,5 dan bisa bertahan hidup sampai usia 6 tahun. 

Redfin di alam liar tinggal di dasar sungai yang berpasir dan suka bermain diantara batang kayu ataupun dedaunan jadi ikan ini sangat cocok untuk di tempatkan di aquarium yang ada tumbuhannya atau lebih di kenal dengan istilah aquascape. Walaupun ikan ini termasuk ikan pendamai yang dengan ikan lain dan tidak menyerang ikan, namun ikan ini kadang akan menyerang ikan lainnya demi mempertahankan wilayahnya.

Dalam segi makanan, sifat ikan redfin ialah herbivora yang memakan alga, redfin juga ikan omnivora yang juga memakan krustasea, zooplankton, perifiton, cacing dan juga serangga di alam liarnya. dikala Redfin di pelihara di dalam aquarium ikan ini akan memakan alga atau lumut di beling jadi aquarium kita akan selalu bersih. Karena abjad ikan yang lebih suka makan alga atau lumut sangat di sarankan untuk tidak mencampur ikan dengan abjad yang sama dalam satu aquarium menyerupai sapu-sapu bekerjsama semakin banyak ikan yang makan alga akan menciptakan ekosistem di aquarium higienis akan tetapi jikalau kebanyakan dan ikan kehabisan alga biasanya ikan-ikan lain yang mempunyai abjad tidak bernafsu akan menjadi korbannya sebab niscaya akan memakan lendir yang ada di badan ikan. 

Semoga gosip yang kami sajikan bermanfaat bagi sobat pencinta ikan hias biar lebih mengenal ikan hias dari sungai mekong ini, JIka mempunyai info wacana redfin bisa tambahkan di kolom komentar ya, jangan lupa mengembangkan info kepada teman-teman sesama pencinta ikan hias ya. Terima kasih.
Buat lebih berguna, kongsi:
close