Penyakit Ikan Oscar Dan Penanganan

Penyakit Ikan Oscar Pada Akuarium
Oscar penyakit yaitu nama biasa untuk salah satu dari beberapa penyakit yang sering Oscar ikan menyerah. Yang paling biasa ini yaitu lubang di penyakit kepala, atau HITH. HITH sering dikaitkan dengan Oscar lantaran popularitas ikan dan frekuensi dengan mana mereka tetap dalam kondisi standar (seperti halnya dengan banyak ikan besar lainnya, gampang didapat). HITH sanggup berkembang cepat kalau tidak diobati, dan sering fatal kalau mencapai tahap tamat tanpa tindakan.

Gejala
HITH ditandai awal oleh kecil, lesi bundar di wajah ikan yang terkena dampak, insang dan mulut. Sebagai kemajuan penyakit, lesi menjadi lebih besar dan mengadu, hasilnya berkembang ke dalam lubang menganga di kepala ikan dan garis lateral. Ikan juga sanggup menjadi lesu dan pergi makanannya.
Penyebab
Oscar penyakit ini hampir selalu disebabkan oleh kondisi air standar atau kualitas makanan. Beberapa studi memperlihatkan itu yaitu ibarat dengan penyakit kudis pada manusia, suatu kondisi yang berkembang sesudah kekurangan vitamin berkepanjangan, namun kemungkinan kombinasi dari faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit. Ikan diberi diet terutama didasarkan pada pengumpan ikan sering menderita di beberapa titik, ibarat ikan yang penuh sesak ke dalam tangki (yang pada gilirannya menyebabkan kualitas air rendah dan stres tinggi).
Pengobatan
Pengobatan HITH harus dimulai dengan perubahan 30 persen air dilakukan setiap tiga hari, dalam kombinasi dengan kualitas masakan telah meningkat, ibarat pengenalan pelet Cichlid seimbang. Jika penyakit telah berkembang ke stadium lanjut, metronidazol sanggup tertutup ke dalam air akuarium untuk membantu mengobati bisul sekunder. (Ingatlah untuk menghapus karbon dari filter untuk mencegah menyerap obat.)
Pencegahan
HITH gampang dicegah dengan menjaga kualitas air yang baik dan memperlihatkan diet yang seimbang terdiri dari kedua pelet atau masakan mengelupas dan masakan ringan beku atau hidup. Uji parameter air sering untuk memastikan bahwa amonia, nitrat dan nitrit semua tinggal pada 0 ppm. Berikan banyak ikan Anda ruang untuk berenang dan banyak daerah persembunyian untuk mematahkan garis pandang antara ikan di dalam tangki.
Kondisi lain
Nama penyakit Oscar juga kadang kala diterapkan pada kondisi lain yang mungkin muncul dalam Oscar, ibarat bisul jamur. Jika jamur dicurigai, memperlakukan dengan cara yang sama ibarat untuk HITH, tetapi takaran Hijau Malachite di samping metronidazol. Ikan dengan bisul jamur yang dicurigai harus segera dikarantina untuk menghindari penyebaran penyakit antara ikan.
Buat lebih berguna, kongsi:
close