Cara Merawat Ikan Severum

Severum (Hero Severus) merupakan satu dari ikan besar yang disukai, berada diantara pesona spesies cichlids. Tapi ikan ini sering higienis tegang dengan ikan lain kalau daerahnya dimasuki. Sifat mempertahankan tempat kekuasaannya, menjadikan teman se-akuarium terluka. Sangat agresif, tapi ketika masuk ekspresi dominan kawin sifat bergairah akan hilang.yang melekat di badan, pada heros severus muda lebih banyak mempunyai rajah daripada ikan dewasa. Species ini tersebar sangat luas di alam bebas. Perbedaan yang ada terdapat pada pigmentasi dan pattern warna menciptakan jenis ini sulit untuk di identifikasi. Ini berarti beberapa spesies heros severus sebagian belum dinamai.asal seruan ikan ini Severum  berasal dari Guyana, Rio Negro, Sungai Amazon. Ikan ini bersifat sedikit karnivora mengarah ke omnivora. Spesies ini cukup besar, sanggup mencapai 15 cm. Tubuhnya berwarna kuning kehijauan dan sangat cerah. Ikan muda sangat cantik, menyerupai diskus,
alasannya yaitu bentuk tubuh dan siripnya agak membulat. Sirip punggung dan sirip perut betina lebih panjang dan runcing dibanding jantan.
Suhu optimal untuk pemeliharaan ikan ini sekitar 27-30° C. Sementara air yang baik untuk pertumbuhannya mempunyai pH optimal sekitar 6,5-7,0 dan kesadahan sekitar 3° dH.
Cara pemijahannya hampir sama dengan Oskar. Hanya saja ikan ini membutuhkan pakan hidup menyerupai anak ikan atau udang yang lebih banyak ketika masih berupa calon induk. Bila kurang pakan maka induk akan gampang sakit dan kualitas telurnya akan buruk (tidak menetas).
Sarang telurnya terbuat dari kerikil datar, potongan keramik, atau potongan paralon besar. Induk jantan maupun betina akan membersihkan sarang sebelum memijah.
Setelah berpijah, telur bersama sarangnya diambil untuk ditetaskan dalam akuarium atau bak kecil. Penetasan akan berlangsung selama 2-3 hari dan larvanya akan berenang empat hari kemudian. Ukuran larva cukup besar sehingga sanggup pribadi diberi kutu air atau cacing sutera.
Pakan untuk pembesaran berupa cacing sutera dan anak ikan.
Pakan berupa udang kecil umum diberikan bila ukuran ikan sudah mencapai 3-4 cm. Pemberian udang semoga warna merahnya cepat muncul. Ukuran mulai dijual sekitar 4 cm dengan usang pemeliharaan 3 bulan.
Buat lebih berguna, kongsi:
close