Ikan Lemon A.K.A. Yellow Lab Cichlid

Electric Yellow Cichlid atau di Indonesia lebih di kenal dengan ikan lemon merupakan ikan air tawar yang mempunyai warna kuning cerah sebaian mempunyai garis hitam di atas siripnya. Nama lain dari ikan ini diantaranya Yellow Lab Cichlid, Electric Yellow Lab, Yellow Labido, Lemon Yellow Lab, dan Lemon drop Cichlid. Nama ilmiah ikan lemon ini yaitu Labidochromis caeruleus. Ikan yang di temukan di Nkhata Bay pulau di antara Charo and Mbowe di Afrika timur ini merupakan ikan yang cukup terkenal di kalangan penghobies sebab warnanya yang cerah. Kerabat dari ikan lemon ini diantaranya juwani atau Blue Streak Haps.

Dalam artikel yang berjudul "Labidochromis caeruleus" yang di tulis oleh Marc Elieso, Dia menjelaskan bagaimana Electric Yellow Cichlid pertama kali ditemukan dan dikumpulkan oleh Stuart Grant dan penyelam nya sekitar tahun 1980. Ikan ini lalu dikembangbiakkan atau dipijahkan dalam jumlah besar oleh Pierre Brichard di kemudahan ikan di Burundi, Afrika, terletak di Danau Tanganyika. Brichard mulai memperlihatkan keturunan untuk dijual pada tahun 1986, yang menyebabkan banyak kebingungan sebab ia awalnya menyebut ikan ini "Labidochromis tanganicae". Untungnya semua telah beres sebab ikan ini bukan Tanganyika cichlids, melainkan  L. caeruleus. Ikan ini yaitu anggota dari kelompok Mbuna. Kata Afrika "mbuna" berasal dari orang-orang Tonga dari Malawi dan berarti "rockfish" atau "rock-dwelling".

Electric Yellow Cichlid yaitu golongan cichlid Afrika yang paling menarik. Ikan yang menonjol selain sebab warna yang cerah, tetapi juga sebab ikan lemon yaitu salah satu yang paling hening dari spesies Mbuna. Sebagai omnivora dan menjadi agak pemalu, ikan lemon sangat fleksibel dan gampang menyesuaikan diri dengan segala macam cichlid. Ikan lemon sanggup hidup secara tunggal atau berpasangan. Sifat Lemon tidak teritorial tetapi akan menjadi bergairah terhadap ikan lain yang menyerupai dalam bentuk badan atau warnanya, kalau sahabat ingin memlihara ini jangan di gabungkan dengan ikan guppy sebab ikan guppy biasanya mempunyai sirip ekor yang indah, sirip ekor yang ini akan menjadi santapan enak bagi ikan lemon atau species sejenis. Pisahkan juga ikan ini dengan jenis ikan mas koki. Ikan Lemon akan terlihat manis di dalam aquarium kalau digabungkan dengan Kelompok Mbunas lainnya menyerupai Peacock Cichlids, Featherfins, dan spesies Lamprologus.

Pada umumnya ikan ini gampang di rawat. Ikan Lemon paling nyaman di akuarium dengan banyak kerikil dan hiasan menyerupai gua-gua yang menyediakan daerah persembunyian untuk berlari ke dalam dan keluar. Jika sahabat pencinta ikan hias ingin memelihara ikan ini perhatikan kadar oksigen dalam air, sebab ikan lemon akan gampang mati dalam kondisi kekurangan oksigen atau kadar oksigen yang kurang. biar artikel ini bermanfaat bagi sahabat pencinta ikan hias.

Sumber artikel :
https://en.wikipedia.org/wiki/Labidochromis_caeruleus
http://animal-world.com/encyclo/fresh/cichlid/electricyellow.php

Buat lebih berguna, kongsi:
close